PPJAI

PERSIAPAN MUSIM PANCAROBA

https://tirto.id/bmkg-imbau-masyarakat-waspadai-cuaca-ekstrem-saat-pancaroba-cxJi

Pancaroba 

masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim yang bersifat periodik dan bisanya terjadi terutama di samudra hindia dan sebelah selatan asia, Pancaroba itu peralihan antara musim penghujan dan musim kemarau. musim penghujan dan musim kemarau biasa terjadi pada bulan Maret dan April, sementara pancaroba antara musim kemarau dan musim penghujan biasa terjadi pada bulan Oktober hingga Desember.

Masa pancaroba biasa ditandai dengan frekuensi tinggi badai, hujan yang sangat deras disertai gemuruh, serta angin yang bertiup kencang umumnya sering terjadi di daerah iklim yang bersifat periodik dan bisanya terjadi terutama di samudra hindia dan sebelah selatan asia. Pada masa pancaroba biasanya frekuensi orang yang menderita penyakit saluran pernapasan atas, seperti pilek atau batuk, relatif meningkat.

Penyakit pada Musim Pancaroba?

  • Sakit kepala

Saat musim pancaroba, turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembapan udara, atau turunnya suhu udara yang tiba-tiba dapat memicu terjadinya sakit kepala terutama migrain. Menurut salah satu survei yang dilakukan kepada penderita migrain di Amerika, 53% dari mereka menyatakan bahwa salah satu pemicu dari migrain yang mereka derita adalah perubahan cuaca.Selain itu, cuaca dingin yang ekstrem atau sinar matahari yang terlalu panas juga dapat memicu ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak sehingga memicu sakit kepala. Cuaca yang terlalu dingin juga dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga menghambat suplai darah yang menuju ke otak.

  • Flu atau pilek

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Yale University menyatakan bahwa penurunan suhu meskipun hanya sedikit dapat membuat virus penyebab flu berkembang biak lebih cepat. Selain itu, udara dingin juga memicu perubahan pada sistem imun. Molekul yang berfungsi untuk mendeteksi virus di dalam sel dan memberi perintah pada sel untuk melawan virus menjadi kurang sensitif pada saat suhu dingin. Udara dingin juga dapat menghambat kerja protein khusus dalam tubuh yang berfungsi untuk mematikan gen yang berasal dari virus, menghambat penyebaran virus dan membunuh sel yang sudah terinfeksi virus. Saat virus flu sudah masuk ke dalam sel di daerah nasal fossa (daerah sambungan dari lubang hidung yang terletak di tengah wajah), udara dingin yang Anda hirup dapat memicu virus-virus tersebut untuk berkembang biak dan menyebabkan sistem imun tidak bekerja secara maksimal.

  • Nyeri sendi

Meskipun belum dapat dibuktikan, penurunan tekanan udara dicurigai dapat menyebabkan nyeri sendi. Anda dapat membayangkan jaringan yang berada di sekitar persendian Anda seperti balon. Tekanan udara yang normal akan menahan balon tersebut sehingga tidak mengembang. Tetapi tekanan udara yang rendah dapat menyebabkan balon tidak ada yang menahan sehingga akhirnya perlahan-lahan balon atau jaringan di sekeliling persendian Anda akan mengembang, dan inilah yang menyebabkan rasa sakit pada persendian.

 

Tips sehat selama musim pancaroba

  • Bawalah jaket atau jas hujan: salah satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan cuaca ekstrem yang dapat terjadi di hari yang sama. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika Anda keluar rumah, tetapi tidak berapa lama terjadi hujan lebat. Jangan lupa tetap membawa jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.
  • Penuhi kebutuhan asupan harian Anda: jika kebutuhan gizi Anda sehari-hari terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh Anda juga dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan penyakit yang masuk.
  • Konsumsi vitaminyang cukup: meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, tetapi salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sistem kekebalan tubuh Anda dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit. Vitamin ini dapat Anda temui secara alami di sayur dan buah seperti brokoli, jeruk, pepaya, dan mangga.

Herbal untuk Pancaroba

  1. Wedang uwuh

Minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang.

  1. Wedang Temulawak

Temulawak adalah sejenis umbi dan merupakan tumbuhan Remapah asli Indonesia. Sarat khasiat, antara lain membangkitkan nafsu makan dan bahan anti peradangan.

  1. Kunyit asam

Kunyit asam sering dikonsumsi oleh kaum wanita untuk mengatasi nyeri haid dan menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Tak hanya untuk wanita, kunyit asam sebenarnya bisa diminum oleh siapa saja. Punya khasiat lain untuk mencegah penuaan dini, menghilangkan bau badan dan menyegarkan badan juga. Cocok buat kamu yang ingin tetap fit di musim pancaroba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *